Harus Mampu Melakukan Berbagai Gebrakan


Tahun ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah KTT ASEAN yang akan digelar di Nusa Dua Bali tepat dipertengahan bulan November, Sebuah moment terpenting yang harus dikerjakan oleh komunitas ASEAN yaitu kembali berani melakukan gebrakan politik, keamanan, perekonomian, sosial dan budaya, tidak hanya untuk negara anggotanya sendiri melainkan juga untuk berperan aktif dikancah global alias internasional.

Selama ini, kalau kita lihat peran ASEAN di kancah global belum semaksimal dan seoptimal apa yang kita harapkan dan kita inginkan bersama. Namun tidak menutup kemungkinan ASEAN kedepan akan mampu dan berani melakukan ”gebrakan” dalam menghadapi permasalahan-permasalahan dikancah global dengan cara memberikan kontribusi bagi pemeliharaan perdamaian dan mendorong kesejahteraan dikancah global yang harus diimplementasikan secara konkrit.

Begitu juga ASEAN harus dapat melakukan pelbagai penyesuaian seiring dengan adanya perkembangan yang pesat di bidang politik, keamanan, ekonomi, sosial budaya, teknologi dan pengetahuan serta  bidang-bidang lainnya yang terjadi di negara-negara di luar kawasan Asia Tenggara. Dengan itu peran ASEAN akan menyadari pentingnya upaya untuk lebih berdiplomasi terharap negara-negara diluar Asia Tenggara yang bersengketa agar bisa dipadamkan seperti konflik di Asia tengah dan lain sebagainya.

Hal-hal diatas  merupakan tantangan yang membutuhkan tanggapan tepat dan cepat yang tentunya tidak mudah untuk dilaksanakan kalau ASEAN tidak berperan aktif  dalam meningkatkan solidaritas, kohesivitas dan efektifitas kerjasama terhadap berbagai negara yang mengalami konflik dan krisis.

Baca juga di kumpulan tulisan ane di http://nanangqosimmaster.wordpress.com
Tag : Opini
0 Komentar untuk "Harus Mampu Melakukan Berbagai Gebrakan"

Back To Top