Menyelami Studi Islam Kontemporer



Membicarakan mengenai kajian tentang Islam saat ini begitu diminati oleh berbagai kalangan. Bukan hanya dari kalangan cendekiawan muslim saja, akan tetapi juga orang-orang Barat non-Muslim pun menggeluti Islam sebagai obyek kajian. 
Dalam sejarahnya, keilmuan Islam telah berproses sedemikian rupa hingga memunculkan berbagai disiplin keilmuan yang mana dikaji dari berbagai pendekatan. Perkembangan keilmuan Islam telah diwarnai dengan berbagai realitas yang dengan jelas berpengaruh atau dipengaruhi oleh perubahan zaman menuju modernitas.
Dan tentunya mengkaji studi Islam memerlukan waktu yang lama.  Tidak hanya mengkaji studi Islam dalam waktu yang singkat yang hanya sebatas membuka lembaran-lembaran diawal sejarah masa lalu saja, namun mengkaji Islam memerlukan waktu yang lama dengan melalui berbagai pendekatan.  
M. Rikza Chamami  dalam buku yang berjudul “Studi Islam Kontemporer” menyoba mendiskripsikan warna studi Islam dalam empat pola, studi filsafat, studi ruh sumber Islam dan studi kawasan (halaman. vi). Yang dari masing-masing bab dalam buku ini dianalisis (kesimpulan) oleh penulis.
Menariknya buku ini, mengulas studi kawasan Islam yang ada di Jawa yang membuat kita patut membacanya, karena selama ini studi Islam biasanya hanya terfokus pada  kondisi di Timur Tengah.    
Tidak hanya itu, pembahasan keilmuan Islam secara runtut dari zaman klasik hingga modern dengan berangkat dari pikiran filsafat hingga sosio-kultural akan menyoba di jelaskan dalam buku ini. Islam tidak sebatas ajaran normatif yang mengajarkan amalan-amalan ibadah semata, namun Islam juga memperjuangan kemajuan-kemajuan (peradaban) Islam yang lebih luas, terkait juga dengan kajian-kajian ilmiah yang terus dilakukan kaum muslimin. 
Hingga akhirnya, warna Islam yang mampu menyerap perubahan, kemajuan dan sigap dalam adaptasi membuat Islam dikenal masyarakat luas. Hal ini tentunya tidak muncul tiba-tiba. Tetapi karena usaha keras umat Islam yang bisa membawa perubahan di dunia ini. 

Luas dan Sangat Penting 
Sekarang ini, kebutuhan terhadap kajian Islam kontemporer tidak bisa dan tidak boleh diabaikan dan sangat penting. Minat dan antusiasme kalangan akademisi terhadap bidang pemikiran tersebut pun sangat besar. Hal itu dapat dilihat dari produksi karya ilmiah yang menggunakan metode kontemporer dalam mengkaji Islam.
Semua itu dilakukan dalam rangka untuk mengaktualisasikan pandangan hidup Islam dalam dunia modern agar mampu menjawab tantangan zaman yang mengitarinya dan menyikapi perubahan sosial yang dihadapi oleh umat Islam secara memadai. Oleh karena itu, studi Islam dalam era kekinian merupakan sesuatu yang sangat urgen.
Dengan membaca buku yang berjudul “Studi Islam Kontemporer”, para pembaca diajak untuk menyelami studi Islam di era kontemporer ini. Islam tidak lagi dirasakan sebagai agama tradisional yang kolot dan melulu konservatif, namun Islam dikenal sebagai agama yang  berkembang  sesuai zaman. Namun  Islam tidak tunduk terhadap zaman, sementara zaman juga tidak boleh dituntut dan dipaksa untuk mengikuti Islam. Akan tetapi, Islam itu memang untuk semua zaman setelah turunnya Islam ke bumi dan menjadi agama dan keyakinan umat manusia.
Oleh karena itu, buku yang di tulis oleh Rikza ini,  setidaknya mengajak pembaca untuk lebih tahu dan respon  mengenai studi Islam komtemporer yang lebih luas ranahnya.  Jadi, buku ini sangat bermanfaat bagi semua kalangan civitas akademik yang ingin mengkaji Islam dari berbagai hal .

Judul                : Studi Islam Kontemporer
Pengarang       : M. Rikza Chamami, MSI
Penerbit           : P.T Pustaka Rizki Putra Semarang
Tebal                : 227 halaman





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar